cah soax

Rabu, 25 Mei 2011

rakitan kebahagiaan,dunia benderang dalam diri

pengalaman nya dengan petruk dan bagong pagi itu mendorong gareng makin terperosok masuk kedalam bilik perenunganya, terbenam makin dalam oleh semacam rasa getir di sukma,perasaan yang penuh kecamuk,tapi juga ada semacam semangat, atu mungkin harapan,atau mungkin dendam,,,,entalah????????.
  gareng pergi dari rumah petruk tanpa pamit dan hanya membisu.bagong mingkian membuat nya sedikit kaget,tapi sebenarnya dia hanya pangling.betapa pun,dalam peranan nya sebagai gareng, ia tahu persis apa siapa adik bungsunya.
  di zaman dahulu kala,ketika ia melurung kerajaan semestra junggringsaloka,batara ismoyo menaklukkan lewat duwel kekerasan yang panjang hampir seabad penuh. jga petrok.anak itu tak gampang juga di kalah kan oleh dewa yang bernama kiai semar yang kemudian mengangkat mereka berdua untuk berperansebagai anak nya.peran itu seharus nya sudah membosan kan mereka sejak lama.tapi kebosanan adalah persoalan kecil dan mereka akan memang teruz menggarang dan mempetruk sampai ujung sejarah unat nanusia.
   lha bagong adalah pantulan kiyai semar itu sendiri dalam kehidupan sehari 2, gareng dan petruk silakan meremeh kan nya,tapi pada saat2 tertentu ''' kaloa bagong mau '' dua kaka nya bisa di jentikkan dengan satu jari untuk dilempar kesebrang galaksi.
   itu tidak hanya dalam arti adu kedikdayaan atau olah  kesaktiaan,melainkan jufga berlaku pada kosmos ilmu dan kearifan hidup,bagong adalah perwujudan paling wadag,dangkal,verbal,sengaja di sembunyikan  '''' tapi itu karena sangat luas skalanya """ dari semangat pembebasan hidup bagong mengajarkan kpd dunia suatu model awal dan elementer dari upaya liberisasi kemanusiaan; suatu pola yang sedemikian sepele namun juga sedemikian alot utk bisa di terapkan oleh anak didik """"""anak didik peradapan garda terdepan masyarakat karang kadempel.
   gareng menyaksikan sendiri bagai mana manusia telah sedemikian tuntas kehilangan kesangupan yang sesunguh nya amat bersahaja, misalnya untuk berkata  atau bersikap  'tidak' terhadaporang, pihak atau sesuatu yang harusnya disikapi'tidak'.
   Alangkah tololnya aku!""""pikir gareng,bagong,dalam soal itu, adalah permunculan angka satu ""dan orang hanya bisa percaya  dan hanya mau menikmati angka seribu kenapakah orang begitu sukar memahami kearifan angka satu , dan hanya menggantungkan diri kepada teknik sulapan dari angka nol ke seribu!!!!!!!!!!!!!!
    

    orang idak memiliki kekuatan dan kesangupan untuk menyodorkan kata dan sikap tidak, pertama2 karena orang tidak di didik utk bergauk dengan kebenaran. Orang tak didorong untuk merawat setandar nilai. Orang tidak di perkenan kan utk menumbuhkan kemampuan hidup di antara baik dan buruk,benar atau salah ,sehat atau sakit Orang hanya dipojokan utk memilih enak atau tidak,menguntungkan atau merugi.
     Orang juga makin terasa asing terhadap sikap tidak,karena takut.tak seorang pun di karang kadempel tak meserasa takut. penduduk takut kepada pak RT , pak RW takut kpada pak RK. pak RK takut kepada pak Kades.dan seterusnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

      ketakutan itu terkadang yata terkadang semu tetapi sumber utama ketakutan itu adalah ketergantungan mereka masing 2 terhadap jabatan nya,,,,keamanan setatusnya,,,,segala sesuatu bisa mereka nomerduakan asal asap dapur mereka tetap mengebul,,,,,,mereka melupakan mendidik diri untuk memiliki kemandirian dan kepribadian yang kukuh.penindasan penindasan oleh pihak ini ke pihak itu,,,Oleh kelas ini terhadap kelas itu,,Atau juga penindasan yang berlangsung di dalam diri sendiri ,,,sehingga mereka semua yakin bahwa hidup adalah ruang gelap dan penuh dengan derita........

        Gareng sering kali tak bisa menahan hatinya kalo saja ia tak terikat oleh batas batas perananya ,,,ia kan sudah banyakmengambil alih banyak hal dari keperananya itu,,,,,,,

        Ia terkadang malah menyesali titah ,takdir,,,,tapi apa gunanya berfikir  untuk kembali ke awal mula sandiwara ini di gelarkan,,,,?

     lebih baik hari ini berbuat saja apa saja yang bisa di perbuat dan tidak menundanya hingga esok pagi......dan menyosong hari esok yang lebih baik dari sekarang.....................

1 komentar: