cah soax

Sabtu, 14 Mei 2011

MENGAPA AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH…???


MENGAPA AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH…???


Hadits Nabi Riwayat Imam Ibnu Hajar
“Nabi SAW bersabda: Umat Yahudi akan terpecah menjadi 71 golongan, umat Nasrani menjadi 72 golongan, dan umatku akan menjadi 73 golongan, yang selamat hanya satu dan yang lain celaka. Para sahabat bertanya: siapa yang selamat? Nabi bersabda: yang selamat adalah ahlussunnah wal jamaah. Para sahabat bertanya: siapakah ahlussunnah wal jamaah?, Nabi SAW menjawab: yakni golongan yang mengikuti apa yang aku amalkan hari ini dan (yang diamalkan) para sahabatku”
Ahlussunnah Wal Jamaah berasal dari kata “Ahlussunnah” dan “Al-Jamaah” Ahlussunnah berarti golongan yang mengikuti dan mengamalkan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW. Al-Jamaah berarti golongan mayoritas, dapat pula diartikan golongan yang mengikuti jamaah para sahabat Nabi SAW yang nyata kapabilitas keimanan dan keilmuannya.
Beberapa alasan yang mendasari kita mengapa harus menggenggam erat Ahlussunnah Wal Jamaah:
1.        SATU firqoh yang selamat adalah “Al-Jamaah” (Lihat Hadits Riwayat Imam Abu Dawud) ataupun yang mengikuti dengan benar sunnah Nabi dan para sahabat (Lihat Hadits Riwayat Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani)
2.       Banyaknya sempalan sekte-sekte aliran dalam Islam sudah bukan lagi menjadi “Rahmat” namun lebih kepada “Laknat”, dan Imam ASWAJA Syaikh Abu Hasan Al-Asy’ari telah berjuang keras mempertegas dan mempertahankan ajaran-ajaran Nabi SAW dari para penyimpang.
3.       Mayoritas (jumhur) Ulama dari kalangan ahli kalam, ahli tafsir, ahli hadits, ahli fiqih dan ahli qiraat telah mengakui dan berpegang teguh mengikuti ajaran Nabi melalui ASWAJA (Lihat Mafahim Yajibu Anit Tushohhah, Sayyid Ahmad Ibn Alawi Al-Maliki)
4.       Akidah ahlussunnah wal jamaah adalah akidah yang lurus, seimbang, dan sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits
5.       Pada dasarnya Aliran ASWAJA bukanlah aliran yang baru muncul, namun merupakan golongan yang mempertahankan dan memegang teguh ajaran Nabi Muhammad SAW sehingga disebut dengan “Ahlussunnah”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar